Kapankah Saat Yang Tepat Beralih Dari Karyawan Menjadi Pengusaha?

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang sering saya dapatkan dari teman-teman yang saat ini masih berprofesi sebagai seorang karyawan namun memiliki cita-cita dan keingingan untuk bisa mandiri dan menjalankan bisnisnya sebagai pengusaha. Tentu saja jawaban saya berbeda-beda untuk setiap orang karena waktu yang tepat tentu saja berbeda untuk setiap orang karena tergantung dari beberapa hal terutama kondisi finansial mereka saat ini.

Untuk itu bagi anda yang juga memiliki pertanyaan yang sama, berikut saya mencoba memberikan beberapa masukan yang semoga bisa menjadi bahan pertimbangan anda dan acuan anda untuk kapan bisa beralih menjadi pengusaha.

Tentukan Bisnis atau Setidaknya Model atau Bidang Bisnis yang Anda Minati

Sebelum memutuskan untuk “nyemplung” total menjadi entrepreneur, anda terlebih dahulu harus memiliki gambaran secara jelas tentang bisnis apa yang akan anda jalankan ketika anda memutuskan untuk berhenti menjadi karyawan. Memutuskan berhenti baik resign ataupun pensiun dini dari tempat bekerja anda saat ini namun belum tau bisnis apa yang akan anda jalankan merupakan suatu kesalahan besar yang banyak dilakukan oleh orang-orang.

Sebelum memutuskan berputar haluan, sangat disarankan anda terlebih dahulu menginvestasikan waktu anda misalnya di hari-hari libur ataupun dimalam hari saat anda sudah pulang bekerja untuk mempelajari lebih dalam tentang bisnis apa yang akan anda jalankan. Lebih baik apabila anda bahkan sudah mempersiapkan segala sesuatunya seperti perencanaan, perhitungan modal, konsep bisnis, marketing dan hal-hal lainnya sebelum anda meninggalkan pekerjaan tetap anda.

Idealnya, Jalankan Dulu Bisnis Anda Sebelum Memutuskan Berhenti Bekerja

ini merupakan salah satu rekomendasi ideal dari saya. Sangatlah bijak jika anda terlebih dahulu mengetes dan menjalankan bisnis anda sebelum anda memutuskan berhenti. Memang menjalankan bisnis sambil bekerja memerlukan sangat banyak energi dan juga dana, tetapi cara ini merupakan salah satu cara paling aman bagi anda yang ingin menjadi pengusaha. Dengan menjalankan bisnis terlebih dahulu anda bisa menganalisis apakah bisnis yang anda jalankan bisa sustainable dan profitable atau anda harus mencoba bisnis lain.

Mulai Menabung Untuk Dana Cadangan Anda

Perbedaan mendasar menjadi pengusaha dan pekerja yaitu ketika menjadi pekerja anda memiliki jaminan setiap bulannya akan mendapatkan gaji / bayaran, sedangkan menjadi pengusaha anda akan dihandapkan dengan ketidak pastian, termasuk ketidakpastian mendapatkan penghasilan. Seringkali diawal-awal berbisnis anda tidak akan mendapatkan pendapatan karena hasil dari bisnis anda mungkin akan habis untuk operasional dan modal. Oleh karena itu sangat disarankan ketika anda masih bekerja, siapkan tabungan untuk mengcover biaya hidup anda.

Semakin besar dana cadangan anda tentu semakin baik. Minimal dana yang harus anda siapkan disarankan adalah dana setara dengan 6x gaji bulanan anda. Misalkan gaji anda saat ini adalah 4 juta rupiah, maka dana cadangan yang harus anda siapkan yaitu 6 x 4 = 24 juta sebelum anda memutuskan untuk berhenti bekerja. Waktu 6 bulan dipilih karena rata-rata bisnis baru bisa menghasilkan setelah 6 bulan. Jadi selama bisnis anda belum menghasilkan, setidaknya anda mempunyai dana simpanan untuk kebutuhan hidup anda sehari-hari.

Ketika Bisnis Anda Sudah Settle, Saatnya Terjun 100%

Setelah dana simpanan anda cukup dan bisnis yang anda jalankan di sela-sela waktu anda sudah mulai menunjukkan perkembangan, saatnya anda terjun 100% ke bisnis anda! Di titik ini anda bisa memutuskan untuk berhenti bekerja dan fokus membenahi dan menjalankan bisnis anda. Satu hal yang perlu diingat, di awal-awal berkecimpung di dunia bisnis, anda akan banyak mengalami rintangan dan cobaan, namun hal tersebut merupakan tes kesungguhan dan niat anda sebagai seorang entrepreneur. Tentunya apabila anda bisa melewati semua rintangan tersebut, anda sudah teruji dan layak disebut pengusaha.

Demikian artikel tentang kapan menjadi pengusaha ini, semoga anda bisa mendapatkan inspirasi dan bisa merencanakan dengan jelas kapan saat yang tepat bagi anda untuk memulai karir baru menjadi seorang entrepreneur. Semoga Berhasil!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s